Business

Kamis, 12 Mei 2016

Baca Candle Pattern H4 Dari Time Frame Pendek

Grafik candlestick menampilkan harga open, high, low, dan close dalam format yang sama dengan bar chart. Hanya saja dalam candlestick chart nilai open dan close dibuat dalam bentuk body berisi, berbeda dengan bar chart yang hanya berupa garis. 

Cara membaca candlestick pada umumnya didasarkan pada pembacaan pola yang terbentuk. Secara umum pola-pola candlestick tersebut di kelompokkan dalam 3 kategori yaitu pattern bullish, bearish, dan neutral. Kemudian setiap kategori tersebut dikelompokkan lagi menjadi reversal (pembalikan trend), dan continuation (kelanjutan trend). Dua kelompok terakhir tersebut dibagi lagi menjadi pattern yang high reliability, medium reliability dan low reliability

Candlestick pattern cukup unik karena bisa digunakan secara berdiri sendiri, ataupun digabungkan dengan metode analisa teknikal lainnya. Sama seperti metode analisa teknikal lainnya, pembacaan candlestick amat tergantung dari interpretasi trader yang membacanya. Sangat disarankan pembacaan pola-pola candlestick ini dilakukan dalam time frame besar. Saya sendiri lebih menyukai pola-pola yang terjadi pada time frame H4, akurasinya lebih tinggi dibandingkan time frame yang lebih pendek.

Jika Anda lebih sering menggunakan chart dalam time frame yang pendek, itu tidak menutup kemungkinan untuk Anda tetap bisa membaca pola-pola candlestick dalam time frame yang lebih besar dari time frame pada chart yang kita jalankan. Saya ingin tetap membantu Anda untuk lebih memudahkan menampilkan pola-pola candlestick tersebut di chart Anda dengan time frame berbeda. Berikut saya sudah membuatkan Anda indikator Draw-Candles agar Anda bisa terbantu dan termudahkan.

Dragunov.DrawCandles ini bisa Anda set dalam chart time frame mana saja, Anda juga bisa menseting time frame DrawCandles Anda, menentukan jumlah candlebar, mengatur jarak antar candle, atau mengatur lebar body candlesnya.

2 komentar:

  1. cara mengetahui untuk market bergerak ke arang mana, denga bantuan indikator itu gmna suhu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada pola-pola dimana pola candle tersebut menggambarkan apakah harga akan reversal (pembalikan trend) ataukah harga akan terus berlanjut sesuai trend sebelumnya. Pola-pola candle tersebut bisa dilihat/dibaca dari salah satu contoh gambar berikut:
      https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10209914637121675&set=pcb.10209914346834418&type=3&theater

      Hapus